Home » Berita Kampus » Webinar KKL Virtual Prodi Matematika Angkat Tema “Pemanfaatan Software Matlab sebagai Alternatinatif Penyelesaian Masalah Matematika”

Webinar KKL Virtual Prodi Matematika Angkat Tema “Pemanfaatan Software Matlab sebagai Alternatinatif Penyelesaian Masalah Matematika”

Semarang, 23-09: Program Kuliah Kerja Lapangan(KKL) merupakan kegiatan wajib mahasiswa yang diharapkan mampu memberikan pengalaman nyata di dunia kerja. Umumnya KKL dilakukan dengan berkunjung ke Industri, Instansi, Kampus, atau tempat yang sekiranya mahasiswa secara langsung menyaksikan aplikasi ilmu yang dipelajari selema perkuliahan di kampus. Namun, karena pandemic covid-19 yang melanda Indonesia, praktis KKL tidak bisa dijalankan seperti biasanya. Tahun ini, Prodi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang tetap menjalankan program KKL, namun dengan cara yang berbeda. KKL Virtual yang dipilih sebagai pengganti KKL seperti tahun-tahun sebelumnya. KKL Virtual artinya mahasiswa mengikuti program KKL secara online. Mahasiswa dibimbing oleh Dosen dan diperkuat dengan adanya Webinar, guna meningkatkan kualitas produk akhir KKL. Sehingga KKL Virtual justru semakin terasa akademiknya, karena mahasiswa dituntut untuk membuat suatu projek dalam durasi tertentu serta dibekali adanya webinar dan narasumber dari orang yang professional dalam bidangnya.

 


Bapak Tony Yulianto, M.Si, MCE, MOS dipilih sebagai narasumber dengan tema “Pemanfaatan Software Matlab sebagai Alternatinatif Penyelesaian Masalah Matematika“. Beliau merupakan seorang dosen Matematika sekaligus Ketua Jurusan Matematika Universitas Islam Madura. Banyak karya beliau tentang pemanfaatan Matlab. Sehingga pengalaman beliau dapat disampaikan langsung kepada seluruh peserta Webinar. “Tujuan webinar ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan sotware matlab. KKL virtual ini diikuiti oleh 29 mahasiswa matematika dan 101 mahasiswa pendidikan matematika, serta dosen pembimbing sejumlah 15 orang. Harapannya dengan KKL virtual ini, mahasiswa akan lebih kreatif dan berinovasi.” Ungkap Kaprodi Matematika Ibu Emy Siswanah, M.Sc.

Dalam kesempatan ini pula, Wakil Dekan I FST Bapak Dr. Saminanto, M.Sc mengungkapkan bahwa: Mahasiswa Prodi Matematika diharapkan mampu berinovasi dan kreatif di era pandemi ini agar dapat melahirkan karya-karya yang lebih real melalui pemanfaatan software Matlab. Banyak sekali problem di sekitar kita yang bisa diselesaikan dengan Matlab. Untuk itu, mari ikuti dengan seksama dan nikmati proses ini, agar mendpaatkan hasil yang maksimal.

“Webinar ini sangat bermanfaat, membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas KKL dan menambah pengetahuan baru” pungkas Novi mahasiswa prodi Matematika.

 

About Admin Prodi Matematika || UIN Walisongo Semarang

Check Also

UPACARA HAB KEMENAG RI KE-74; Memasuki Tahun Emas UIN Walisongo Komitmen Bina Kerukunan Umat

Semarang- Tahun 2020 ini adalah tahun yang sangat bersejerah untuk UIN Walisongo, sebab ditahun ini genap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *