Home » Berita Kampus » UIN Walisongo Menggandeng Pengembang Teknologi Anti Sadap untuk Mencetak Ahli Kriptografi

UIN Walisongo Menggandeng Pengembang Teknologi Anti Sadap untuk Mencetak Ahli Kriptografi

Semarang – Program Studi (Prodi) Matematika Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menjalin kerjasama dengan pengembang teknologi anti sadap Indoguardika Cipta Kreasi untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang kriptografi dan penerapannya di dunia industri pengamanan.

Secara harfiah, kriptografi berasal dari bahasa Yunani yaitu kripto yang berarti tersembunyi atau rahasia dan graphia yang berarti tulisan. Kriptografi merupakan ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi, seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, dan autentikasi data. Meski demikian, tidak semua aspek keamanan informasi dapat diselesaikan dengan Kriptografi. Secara umum, Kriptografi dapat pula diartikan sebagai ilmu atau seni untuk menjaga keamanan pesan. Adapun prinsipnya berpijak pada empat komponen, yakni Plaintext (pesan yang dapat dibaca), Ciphertext (pesan acak yang tidak dapat dibaca), Key (kunci untuk melakukan teknik kriptografi), dan Algorithm (metode untuk melakukan enkrispi dan dekripsi).

Untuk membangkitkan minat mahasiswa pada dunia kriptografi itulah maka Prodi Matematika UIN Walisongo Semarang menjalin kerjasama dengan pengembang teknologi antisadap Indoguardika Cipta Kreasi .Tujuannya selain membangkitkan minat juga meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang kriptografi dan penerapannya di dunia industri pengamanan. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Rektor UIN Walisongo Muhibbin dengan Direktur Indoguardika Cipta Kreasi Agung Setiabakti pada Senin, (13/3) di ruang sidang rektor kampus 1. Penandatanganan kerjasama yang kedua dilakukan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Ruswan dengan direktur Indoguardika Cipta Kreasi.

Rektor UIN Walisongo Muhibbin menyambut baik kerjasama ini. Ia berharap nanti ada mahasiswa UIN Walisongo yang mampu menggeluti pengetahuan kriptografi dan IT security, khususnya untuk mahasiswa Prodi Matematika. Selain itu, ia juga berharap agar mahasiswa dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan pengalaman kerja profesional.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Ruswan menyampaikan bahwa kerjasama ini dilandasi oleh kesadaran dan keinginan untuk menciptakan sinergi yang harmonis antara pihak swasta atau industri dengan perguruan tinggi. Melalui kerjasama ini juga diharapkan dapat memberikan berkah bagi Indoguardika Cipta Kreasi dan UIN Walisongo. ICK sebagai pihak swasta dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Sementara UIN Walisongo dapat membantu ICK dalam meningkatkan produktivitas kerja.

Presiden Direktur Indoguardika Cipta Kreasi Agung mengungkapkan bahwa selain mahasiswa diberikan kesempatan magang di ICK, pada nantinya kedua belah pihak dapat bersinergi menyelenggarakan kuliah umum, kunjungan industri, ataupun kegiatan lainnya mengenai pengembangan kriptografi yang selama ini dipelajari di Prodi Matematika. melalui kerjasama ini, diharapkan nantinya akan ada banyak sumber daya dan talenta-talenta baru dari Indonesia, khususnya dari UIN Walisongo yang memiliki kemampuan dalam bidang kriptografi.

“Bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti Indonesia menjadi salah satu pengembang teknologi enkripsi terbaik dunia,” tandas Agung.

Ia menambahkan bahwa seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat memberikan dampak positif dan negatif dari segi keamanan informasi, kami berkomitmen menciptakan berbagai produk dibidang IT Security. Produk yang kami ciptakan untuk melindungi aspek privasi setiap individu terhadap pencurian dan manipulasi informasi. Keamanan di bidang informasi sangatlah penting, karena informasi yang kita kirimkan kepada seseorang bisa jadi informasi yang sifatnya rahasia. Sedangkan standar keamanan yang diberikan operator atau provider tidak menjamin keamanan komunikasi seseorang.

“Secara khusus kami juga mendesain aplikasi untuk kebutuhan pemerintah, militer, organisasi intelijen dan kepolisian. Karena, keamanan komunikasi informasi dibidang tersebut harus diamankan menggunakan teknologi paling mutakhir dengan tingkat keamanan tertinggi,” tambahnya.

About Admin Prodi Matematika || UIN Walisongo Semarang

Check Also

JADWAL PENDAFTARAN KRS ONLINE DAN PERWALIAN SEMESTER GENAP 2016-2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *