Home » Berita Kampus » Program Studi Matematika Adakan Kuliah Umum Bidang Aljabar : Kriptografi

Program Studi Matematika Adakan Kuliah Umum Bidang Aljabar : Kriptografi

Kuliah Umum bidang Aljabar : Kriptografi yang diadakan oleh Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Walisongo sukses digelar pada Kamis (23/3) lalu. Acara yang dilaksanakan di gedung K – 8 dan K – 9 Kampus II ini dihadiri oleh 90 mahasiswa jurusan matematika dan mahasiswa luar jurusan yang tertarik mengikuti kuliah umum itu. Tujuan utama diadakannya kuliah umum ini untuk memperkenalkan bidang kajian yang ada di dalam peminatan matematika seperti aljabar kepada mahasiswa matematika.

Selain dihadiri oleh mahasiwa dan dosen matematika, acara tersebut juga dihadiri oleh ketua program studi dan sekretaris program studi matematika. Ruswan, Dekan FST UIN Walisongo, mengaku senang dalam acara ini dapat diselenggarakan di UIN Walisongo. “Saya senang ada kuliah umum seperti ini sehingga mahasiswa dapat mengetahui aplikasi nyata dari mata kuliah yang kalian pelajari,” ujar Ruswan saat membuka acara itu.

Emy Siswanah, Ketua program studi Matematika, berkata bahwa kriptografi merupakan salah satu mata kuliah pilihan dalam minat aljabar. “Kriptografi merupakan dasar dalam mengembangkan enkripsi dan dekripsi. Enkripsi dan dekripsi digunakan dalam pengamanan pesan, seperti yang ada pada smartphone kalian”, ujarnya. Bagi mahasiswa yang berminat pada kriptografi nanti dapat PKL (Praktik Kerja Lapangan) di PT. ICK (Indoguardika Cipta Kreasi) yang merupakan satu-satunya perusahaan yang bergerak di bidang pengamanan pesan. “Jadi mahasiswa nanti yang mau magang di ICK bisa, karena sudah ada perjanjian kerjasama”, lanjutnya.

M. Zaki Riyanto, Dosen UIN Sunan Kalijaga sekaligus narasumber dalam kuliah umum itu berharap dengan diadakannya kuliah umum ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang kriptografi. “Setelah mengikuti kuliah umum ini, saya harap mahasiswa dapat mengetahui bagaimana peran kriptografi dalam industri IT”.

About Admin Prodi Matematika || UIN Walisongo Semarang

Check Also

Jurusan Matematika adakan Webinar dengan Tema “Pembelajaran Matematika Aktif di Masa Pandemi Covid-19”

Semarang, 04-05: Di tengah masa pandemic Covid-19, Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIn Walisongo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *