Home » Berita Kampus » Penguatan Pengelolaan Jurnal Terakreditasi Menuju Jurnal Internasional Bereputasi LP2M di UIN Sunan Kalijaga

Penguatan Pengelolaan Jurnal Terakreditasi Menuju Jurnal Internasional Bereputasi LP2M di UIN Sunan Kalijaga

Semarang 4 Desember 2019, peserta Kegiatan Penguatan Jurnal Terakreditasi Menuju Jurnal Internasional Bereputasi mengunjungi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang bertempat di gedung rektorat lama Lantai 2 UIN Sunan Kalijaga dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal di lingkungan UIN Walisongo Semarang.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Moch Nur Ichwan. Kriteria jurnal masuk scopus antara lain 50% editor berasal internasional, penulis (setiap terbitan minimal berasal 3 negara), reviewer dari internasional, sitasi dll.. Akreditasi jurnal hanya formalitas,yang terpenting adalah kualitas dari jurnal yang diterbitkan sesuai konsistensi jurnal seperti bagaimana menyusun kalimat demi kalimat, dll. Untuk memajukan kualitas jurnal diperlukan tim pengelola jurnal yang solid, diperlukan integritas dari pengelola jurnal, mempunyai komitmen yang sama untuk internasionalisme jurnal. Seperti dalam pemilihan artikel yang masuk harus sesuai dengan standar jurnal dan relevan dengan scope jurnal, apabila tidak sesuai maka jurnal tersebut tidak layak untuk diterbitkan. Selain itu, diperlukan reviewer yang kompeten dalam meningkatkan kualitas jurnal. Ketika naskah masuk, lalu editor yang membaca apakah ditulis dengan baik, apakah bisa masuk ke topik jurnal. Pungkasnya.

About Admin Prodi Matematika || UIN Walisongo Semarang

Check Also

Jurusan Matematika adakan Webinar dengan Tema “Pembelajaran Matematika Aktif di Masa Pandemi Covid-19”

Semarang, 04-05: Di tengah masa pandemic Covid-19, Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIn Walisongo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *